Wisata Kawah Putih: Danau Unik di Selatan Kota Bandung

Wisata Kawah Putih – Jika berkunjung ke Bandung, jangan lewatkan kesempatan menikmati keindahan Kawah Putih. Kawasan ini punya ciri khas yang sangat unik dengan lapisan tanah berwarna putih yang mengelilingi sebuah danau. Tak hanya area sekitarnya yang berwarna putih, sebab air di dalam danau juga berwarna sama. Hal itu disebabkan oleh kadar belerang yang tercampur dengan tanah dan air. Bahkan pada waktu tertentu, air di dalam danau bisa berubah warnanya jadi agak kehijauan. Dengan tekstur tanah dan kondisi itulah kawasan ini selalu menyedot perhatian para wisatawan.

Wisata Kawah Putih

Kawah Putih berkabut
Kawah Putih berkabut

Asal Muasal Kawah Putih

Bagaimana awal terbentuknya kawah putih? Danau ini terbentuk akibat letusan gunung Patuha yang dahsyat di sekitar abad 10. Guncangan dari gunung berapi ini akhirnya membentuk cekungan yang area sekitarnya berubah warna akibat hujan belerang. Sejak letusan tersebut, para warga sekitar sering menganggap kawasan ini sebagai lokasi angker. Karena banyak hewan yang mati, khususnya burung setelah melintasi area ini. Kisah itu menarik perhatian seorang ilmuwan Jerman yang akhirnya menemukan fakta keberadaan sebuah danau cantik dengan kandungan belerang yang sangat menyengat.

Kawah Putih tandus
Kawah Putih tandus

Sejak saat itulah kawasan Kawah Putih menjadi objek studi dan akhirnya dijadikan tujuan wisata. Pada tahun 1987, danau yang unik dengan tekstur alamnya yang khas ini pada masa Orde Baru diresmikan sebagai kawasan wisata. Berbagai pembangunan yang menunjang akses ke kawasan ini pun dilakukan supaya lebih mudah mencapainya. Pada saat ini, area wisata di Ciwidey ini sudah menyediakan banyak fasilitas yang layak seperti restoran, transportasi, area parkir dan sebagainya. Sehingga semuanya bisa menjamin kenyamanan bagi para wisatawan yang berdatangan.

Akses ke Kawah Putih

Untuk mencapai lokasi kawah putih, kita bisa berangkat dari kota Bandung. Jarak yang ditempuh sekitar 50 km ke arah selatan hingga mencapai Ciwidey. Setiap harinya, objek wisata ini dibuka mulai dari jam 7 pagi dan ditutup jam 5 sore. Sebaiknya, jangan sampai berangkat kesiangan karena Anda bisa melewatkan banyak hal di sana. Anda bisa memilih alat transportasi pribadi atau menggunakan kendaraan umum untuk mencapai lokasi ini. Jika membawa kendaraan pribadi, siapkan uang parkir yang cukup lumayan mengingat bentuk arealnya yang unik. Selain itu, Anda juga bisa mengendarai kendaraan sampai dekat ke area kawah.

Peta Kawah Putih
Peta Kawah Putih

Namun daripada repot membawa-bawa kendaraan sendiri di kawasa ini, ada fasilitas transportasi yang telah disediakan. Namanya adalah ontang-anting. Kendaraan ini memang didesain khusus untuk mengelilingi area kawah putih dengan sistem pengaman yang bisa diandalkan. Setiap waktu, Anda bisa memesan ontang-anting yang bisa menampung penumpang hingga 12 orang. Nah, silakan atur rencana atau jadwal wisata ke lokasi ini jika kebetulan berkunjung ke kota Bandung.

TIKET MASUK KAWAH PUTIH

Tiket Masuk Terusan + Dermaga Ponton + Skywalk Cantigi Rp. 38.000,-
Tiket Masuk Wisatawan Domestik Rp. 27.000,-
Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara Rp. 81.000,-

Angkutan Wisata Rp. 27.000,-
Jasa Lingkungan (Parkir Mobil di Pusat Kawah) Rp. 162.000,-
Dermaga Ponton Rp. 11.000,-
Sunan Ibu Rp. 11.000,-
Sky Walk Cantigi A Rp. 11.000,-
Sky Walk Cantigi B Rp. 11.000,-
Charge Foto Pre wedding Rp. 500.000,-
Charge Shooting Rp. 3.000.000,-
Tiket Parkir Kendaraan
Tiket Parkir Motor Rp. 6.000,-
Tiket Parkir Mobil Rp. 11.000,-
Tiket Parkir Bus Rp. 27.000,-
(sumber : https://travelspromo.com/htm-wisata/kawah-putih-ciwidey-bandung/)

Demikian ulasan yang dapat kami sajikan mengenai wisata Kawah Putih Ciwidey – Bandung, Semoga bermanfaat.

 

About the Author: khansafarrah