Bukit Indah Simarjarunjung, Tempat Wisata di Danau Toba

Bukit Indah Simarjarunjung, Tempat Wisata di Danau Toba – Sumatera Utara memang masih menyimpan banyak objek wisata alam dengan sejuta keindahan yang tidak perlu diragukan lagi. Salah satu destinasi alam yang saat ini sedang menjadi perbincangan hangat di media sosial adalah Bukit Indah Simarjarunjung. Tempat ini terletak di Jalan Simarjarunjung, Butu Bayu Pane Raja, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun Sumatera Utara.

Bukit Indah Simarjarunjung, Tempat Wisata di Danau Toba

Bukit Indah Simarjarunjung, Tempat Wisata di Danau Toba
Bukit Indah Simarjarunjung, Tempat Wisata di Danau Toba

Sesuai dengan namanya, objek wisata yang satu ini merupakan sebuah bukit tinggi yang keindahannya membius setiap mata pengunjung yang datang. Sangat tepat untuk refreshing menikmati anugerah keindahan yang tiada habisnya. Tempat wisata ini terkenal karena terletak di dataran tinggi yang pemandangannya tepat mengarah ke Danau Toba, yang menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Utara.

Bagi pengunjung yang berangkat dari kota Pematangsiantar butuh waktu sekitar satu setengah jam melalui rute perjalanan Simpang Raya, sedangkan dari kota Medan dapat melalui rute Silangit, Berastagi, Simpang Merek, Dolok Saribu sampai Simarjarunjung dan membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 4 jam perjalanan.

Untuk masuk ke lokasi wisata ini tidak dipungut biaya, hanya saja untuk mencoba berbagai spot foto di tempat ini pengunjung dikenakan biaya Rp. 5.000,- per-orang dengan waktu yang sudah ditentukan. Selain itu, bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi seperti sepeda motor dikenakan tarif Rp. 10.000,- per unit dan untuk kendaraan roda empat dikenakan tarif seharga Rp. 20.000,- per unitnya.

Dari puncak bukit ini pengunjung dapat merasakan sejuknya udara dengan pemandangan birunya air Danau Toba, lengkap dengan penampakan Pulau Samosir yang kecantikannya semakin memukau setiap pasang mata yang memandang. Suasana di lokasi ini pun sangat nyaman dan memanjakan mata. Banyaknya pepohonan tinggi dan hijau dengan langit cerah dan biru, ditambah pemandangan kawasan persawahan, perkebunan teh dan kopi. Sungguh panorama alam yang keindahannya luar biasa.

Salah satu faktor yang membuat banyak orang semakin penasaran dengan tempat ini adalah spot fotonya yang unik dan menarik. Mulai dari gardu pandang dengan model yang beragam seperti persegi dan hati, Sky Bike (Sepeda Gantung), ayunan melayang, rumah balon, jendela transparan, sarang burung, ukiran tulisan I Love U, ukiran sayap kupu-kupu besar dan masih banyak lagi. Para pengunjung juga dapat mengambil foto sepuasnya dengan kamera pribadi dan merasakan sensasi yang seru dan keren.

Wisata Bukit Indah Simarjarunjung ini ramai dikunjungi oleh semua kalangan terutama kalangan muda. Apalagi sepanjang perjalanan menuju lokasi ini mata pengunjung dimanjakan dengan banyak pemandangan indah.

Salah satu spot foto yang menjadi favorit di tempat wisata ini adalah rumah pohon, terutama bagi para penggemar selfie karena pemandangannya yang khas dengan hutan tropis yang begitu romantis dan memesona, dan dapat dilihat dari rumah pohon ini, orang-orang pun menyebutnya dengan rumah pohon cinta. Banyak orang yang terkagum-kagum dengan pemandangan luar biasa ini. Rumah pohon ini ada sebanyak 7 rumah yang berbentuk hati, persegi, bintang, dan rumah yang lengkap dengan atapnya. Ada juga flying fox, pemandangan burung bermigrasi, foto persiapan pernikahan, dan menikmati secangkir kopi hangat di Coffee Shop yang tersedia di tempat ini.

Karena spot fotonya yang sangat bagus, para penyuka fotografi yang penasaran berlomba untuk mengunjungi tempat ini hanya untuk membuktikan kebenaran cerita orang-orang yang sudah pernah berwisata ke Bukit Indah ini. Ditambah keindahan matahari pagi yang dapat disaksikan dengan mudah dan pemandangan sunset yang eksotis pada sore hari membuat foto yang dihasilkan sangat bagus dan membuat hati serasa meleleh.

Bagi pengunjung yang ingin merasakan keindahan 2 momen ini selain para pengunjung, kebanyakan adalah para fotografer yang rela untuk menginap demi mendapatkan hasil foto yang memuaskan. Namun di tempat ini tidak disediakan kamping khusus, melainkan hanya area untuk berkemah dengan tarif 30 ribu rupiah.

Sebelum berwisata ke tempat ini, pengunjung disarankan agar penuh persiapan, terutama dari segi cuaca dan transportasi. Pengunjung juga disarankan agar berangkat pada hari biasa, sebab pada hari libur tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh orang-orang dari berbagai daerah baik yang berasal dari kota Medan maupun luar Sumatera Utara. Hal ini akan menyebabkan antrean yang panjang untuk bisa merasakan indahnya berfoto dengan latar belakang pemandangan Danau Toba yang menakjubkan.

Kondisi udara yang dingin apalagi menjelang malam, akan terasa sangat menusuk tulang. Dengan kondisi udara tersebut bagi anda yang ingin berkunjung ke Bukit Indah Simarjarunjung disarankan memakai sweater atau jaket tebal, dan kepada para pengunjung juga disarankan agar hati-hati dalam memilih jalur yang akan dilalui. Semoga perjalanan lancar dan dapat menikmati liburan yang mengesankan. Selamat berlibur…

About the Author: khansafarrah