Tempat Wisata Tasikmalaya, Mulai dari Gunung Hingga Pantai yang Bikin Kangen Piknik

Sektor pariwisata di Indonesia mengalami kemerosotan saat masa pandemi berlangsung. Kini setelah memasuki era new normal, destinasi wisata yang sebelumnya ditutup, mulai berbenah dan bersiap untuk dibuka kembali.

Salah satu daerah yang juga bersiap menyambut wisatawan di masa new normal adalah Tasikmalaya. Ada banyak destinasi wisata menarik yang bisa menjadi tujuan kunjungan saat ke kota ini. Tentunya tetap perhatikan protokol kesehatan ketat untuk memutus rantai penyebaran virus corona yang semakin tinggi setiap harinya.

ilustrasi tempat wisata tasikmalaya » Tempat Wisata Tasikmalaya, Mulai dari Gunung Hingga Pantai yang Bikin Kangen Piknik

Tempat Wisata Menarik di Tasikmalaya

  1. Pantai Cipatujah dengan Eksostisme Terumbu Karang

Tempat wisata di Tasikmalaya pertama yang membuat setiap pengunjung yang datang selalu kangen untuk datang lagi adalah Pantai Cipatujah. Lokasinya berada 74km dari pusat Kota.

Pantai ini memiliki daya tarik tersendiri yang membuatnya menarik, yaitu deretan terumbu jarang eksotis yang bisa Anda nikmati di bawah air laut Pantai Cipatujah. Apalagi pantai ini termasuk pantai yang tidak terlalu ramai dan cenderung tenang.

Kondisi ini sangat cocok untuk Anda yang memang sedang mencari ketenangan guna melepas penat akibat aktivitas pekerjaan yang menjemukan. Anda pun bisa menikmati pemandangan sunset yang sangat cantik dari pantai ini.

  1. Kawah Gunung Galunggung

Tempat wisata berikutnya yang bisa membuat Anda kangen piknik adalah Kawah Gunung Galunggung. Gunung Galunggung sendiri memiliki ketinggian 2.167m. Daya tarik destinasi ini adalah pengunjung bisa menikmati keindahan Kota Tasikmalaya dari ketinggian.

Untuk mencapai titik tersebut, pengunjung harus mendaki melewati 620 buah anak tangga. Selain pemandangan kota Tasik dari ketinggian, ketika sudah berada di puncak, Anda juga bisa menikmati kawah danau yang luas dengan tebing curam yang membentengi sekelilingnya. Dari tebing-tebing curam tersebut juga mengalir air terjun yang sangat indah.

Destinasi ini juga menawarkan fasilitas khusus bagi Anda yang ingin berkemah. Ada beberapa pilihan lokasi dan paket berkemah sesuai keinginan Anda. Pertama berkemah di hutan pinus Galunggung atau di bawah kawah. Keduanya akan memberikan sensasi liburan yang berbeda namun sama-sama seru dan menyenangkan.

  1. Kampung Naga

Kampung Naga ini adalah kampung adat yang ada di Tasikmalaya. Karena itu segala hal yang dilakukan disini masih kental dengan adat istiadat dan dilakukan secara tradisional. Masyarakat kampung Naga ini menolak adanya budaya modern agar kelestarian kampungnya.

Karena keunikan dan kentalnya penerapan tradisi adat di kampung inilah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Konon kampung ini sudah ada sejak jaman Sunan Gunung Jati. Karena itu juga seluruh penduduk di kampung ini memeluk agama Islam.

  1. Pemandian Cipanas Galunggung

Terletak di daerah dataran tinggi membuat kawasan Tasikmalaya memiliki suhu yang cukup dingin. Tak jauh dari Gunung Galunggung Anda bisa menemukan destinasi wisata pemandian Cipanas Galunggung.

Letaknya yang tak jauh dari Gunung Galunggung bisa menjadi pilihan destinasi setelah Anda lelah mendaki. Kesehatan air panas di pemandian ini akan membuat rasa lelah Anda menghilang dan membantu Anda kembali rileks. Di area pemandian ini tersedia dua area pemandian, yaitu berupa sungai yang bisa digunakan untuk berendam atau bisa juga memanfaatkan area lebih privat yang disediakan.

 

Jawa Barat tidak hanya tentang Kota Bandung saja. Ada daerah lain di Jawa Barat yang juga menawarkan destinasi wisata menakjubkan. Seperti yang dilansir oleh portal berita Harapan Rakyat, 4 destinasi wisata di Tasikmalaya di atas adalah beberapa diantaranya.