Mau Menghemat Dana, Pertimbangkan Opsi Umroh Backpacker

Ibadah umroh acap kali menjadi salah satu perjalanan spiritual dambaan seluruh umat muslim di dunia. Meskipun biayanya lebih murah, tak sedikit pula umat muslim yang merasa kesulitan dalam mengumpulkan pundi, apalagi saat pendapatan masih pada kisaran upah minimum kerja. Oleh karena itu, umroh backpacker dapat menjadi pilihan untuk menekan budget perjalanan spiritual anda.

Mau Menghemat Dana, Pertimbangkan Opsi Umroh Backpacker

opsi umroh bagi backpacker » Mau Menghemat Dana, Pertimbangkan Opsi Umroh Backpacker

Perjalanan backpacker tak hanya untuk berlibur semata, wisata religi pun juga mengikuti trend satu ini, seperti umroh backpacker. Perjalanan ini bukan tanpa risiko. Namun, melihat budget dapat ditekan hingga 8 juta rupiah per orang, sangatlah menggiurkan bukan? Jika berniat melakukannya, ada beberapa tips yang dapat dilakukan, antara lain:

  1. Menentukan tanggal keberangkatan

Makkah dan Madinah memiliki cuaca yang cukup ekstrim pada bulan tertentu. Pada Juni hingga Agustus adalah titik puncak musim panas, sedangkan November hingga Februari adalah titik puncak musim dingin. Menghindari keberangkatan pada bulan-bulan tersebut adalah pilihan yang dapat dipertimbangkan jika anda adalah tipe orang yang memiliki imunitas lemah.

  1. Menggunakan tiket pesawat promo

Hunting tiket pesawat murah adalah hal terpenting dalam umroh backpacker. Anda harus rajin membuka beragam situs maskapai. Sering kali, penerbangan PP Kuala Lumpur – Jeddah dengan Malaysian Airlines hanya dipatok 1,3 juta rupiah per orang. Namun, terkadang penerbangan PP Jakarta – Jeddah dipatok harga 4 juta rupiah. Harga ini sangat jauh dari tiket penerbangan tanpa promo yang dapat menghabiskan budget 11 juta rupiah.

  1. Memilih penginapan yang lebih murah

Penginapan di dekat Masjid Nabawi dan Masjidil Haram terkenal memiliki biaya sewa lebih tinggi dibanding penginapan lain. Oleh karena itu, disarankan memilih hotel atau apartemen sewaan yang berjarak kurang lebih 2 km dengan biaya 125 hingga 250 ribu per malam. Tidak perlu takut berjalan kaki di padang pasir karena terdapat sewa angkutan untuk mengantar ke tempat ibadah.

  1. Mengurus paspor dan visa umroh

Sudah sejak lama, pemerintah Arab Saudi tidak menggunakan Visa on Arrival. Semua kunjungan harus mengurus visa pada Kedutaan Arab Saudi di negara asal. Pada visa umroh, pengurusan pun harus dilakukan secara kolektif. Oleh karena itu, pada tahap ini anda harus menggunakan jasa travel agent dengan reputasi yang baik. Biaya jasa dipatok dari $75 hingga $100, tergantung pada tanggal keberangkatan yang anda pilih.

  1. Memilih teman untuk pergi bersama

Umroh backpacker tidak berarti anda harus benar-benar bepergian sendirian. Bepergian bersama teman atau bergabung dengan grup backpacker dapat menjadi pilihan, terlebih bagi anda yang baru pertama kali mencoba. Tentu ini memiliki keuntungan, seperti meminimalisir risiko selama perjalanan hingga menekan budget karena semua dilakukan secara patungan.

Jika saran sebelumnya terkesan ribet, ada satu option lain yang dapat digunakan, yaitu Land Arrangement (LA). LA merupakan jasa yang ditawarkan oleh travel agent untuk anda yang ingin mengatur jadwal perjalanan mandiri. Travel agent berfungsi sebagai fasilitator transportasi dan akomodasi. Syaratnya pun mudah, hanya bepergian secara kelompok dengan minimal 20 orang. Harga yang dipatok untuk layanan ini biasanya 6 hingga 7 juta rupiah.

 

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan ketika melakukan umroh backpacker. Anda bisa menggunakan emas sebagai sarana mempersiapkan dana umroh yang dapat dicairkan sewaktu-waktu. Investasi ini sangat menguntungkan karena kecenderungan harga emas yang terus naik. Semoga membantu.