Curug Ciastana, Destinasi Wisata Alam di Cianjur yang Masih Alami

Sudah pernah berkunjung ke Cianjur, tapi apa Anda juga pernah mencoba mengunjungi destinasi wisata alam yang ada di Cianjur? Kabupaten Cianjur di Jawa Barat ini memang masih belum banyak dikenal secara luas oleh para wisatawan lokal, apalagi wisatawan mancanegara. Padahal yang sebenarnya di kota Cianjur ini ada banyak sekali tempat wisata alam yang menarik dan kece yang sangat disayangkan sekali jika dilewatkan begitu saja. Salah satu wisata yang terbaik dan terindah di Cianjur adalah air terjun ciastana. Karena masih belum banyak wisatawan yang tahu, jadi, berkunjung ke air terjun atau yang lebih dikenal dengan nama curug ciastana tersebut Anda bisa lebih leluasa menikmati air terjunnya yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter ini. Tapi, memang lokasinya yang cukup terpencil sehingga Anda harus menggunakan kendaraan roda dua dengan kondisi prima.

Curug Ciastana Cianjur, Destinasi Wisata Alam yang Masih Alami

Karena masih belum banyak khalayak ramai yang tahu, sehingga curug ciastana ini juga termasuk salah satu destinasi wisata alam di Cianjur yang masih sangat alami. Apabila menelisik lebih dalam lagi tentang asal muasal nama ciastana tersebut memang cukup horor. Ciastana asalnya dari kata Astana yang memiliki arti sebagai makam. Jadi, tidak jauh dari lokasi wisata Cianjur ini Anda akan menjumpai sebuah pemakaman warga. Tetapi demikian, setelah Anda sampai curug ciastana tersebut ternyata tak seseram seperti yang Anda bayangkan kok. Debit air yang mengalir begitu deras dari atas tebing tersebut pastinya secara tak langsung akan meredam kesan horor dari tempat wisata ini. Anda bisa mencoba bermain air atau pun berendam tepat dibagian bawah curug ciastana tersebut dan rasakan pijatan alami dari air yang jatuh.

Curug Ciastana Destinasi Wisata Alam di Cianjur yang Masih Alami » Curug Ciastana, Destinasi Wisata Alam di Cianjur yang Masih Alami

Ada hal unik yang bisa Anda dapatkan di curug ciastana di Cianjur ini yakni adanya air terjun mini di bagian bawah air terjun utama. Dan hal ini pastinya tak akan pernah Anda temukan di tempat wisata air terjun di Cianjur lainnya. Air terjun mini tersebut terbilang cukup lebar dan membentuk tirai panjang yang begitu cantik. Tak sampai di situ saja, di bagian bawahnya juga terdapat sebuah kolam alami, yang cocok sekali untuk bermain anak – anak.

Hadirnya alam hijau yang mengelilingi curug ciastana ini seolah – olah jadi dekorasi alam yang kian mempercantik dan memperindah tempat wisata di Cianjur tersebut. Tapi sayangnya, hingga saat ini tempat wisata tersebut masih belum dikelola oleh pemerintah daerah, sebab itu masih belum banyak fasilitas yang memadai di curug ciastana. Curug ciastana ada di desa Bokongkasih, Kudapandak, Cianjur, Jawa Barat, untuk masuk ke wisata ini pengunjung hanya dikenakan biaya parkir saja sebesar Rp 2.000,00.

Nah, itulah sekilas informasi tentang curug ciastana, destinasi wisata alam di Cianjur yang masih alami. Karena tempat tersebut masih belum dikenal oleh wisatawan secara luas, sehingga tempat ini cocok sekali untuk Anda yang tidak terlalu suka keramaian untuk bisa menikmati indahnya alam di Cianjur.